0 Comment
Kapolri Jenderal Tito Karnavian buka suara soal kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia. Pihaknya akan membuat langkah keras apabila cara lembut tak berjalan.


Kasus pengaturan skor memang harusnya sudah masuk ke dalam ranah hukum. Oleh sebab itu, kepolisian dirasa harus terlibat aktif untuk memberantas kasus yang sudah mengakar lama di Indonesia.

Baca Juga: Andi Darussalam Tabusalla Klaim Tak Pernah Terlibat Pengaturan Skor

Jenderal Tito Karnavian akhirnya buka suara terkait hal itu. Dalam acara Mata Najwa, Rabu (19/12) malam, dia berjanji akan memerintahkan jajarannya untuk membantu mengusut kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia

"Kasus pengaturan skor sampai saat ini belum bisa dibuktikan. Makanya tadi ada pengakuan harus ditindaklanjuti. Seperti tangkap maling, ya harus maling juga yang bergerak. Jadi, kalau menangkap yang terlibat kasus ini, harus masuk ke dalam dengan orang-orang yang mengerti," ungkap Tito.

Menurutnya, pengakuan-pengakuan soal pengaturan skor bisa menjadi pintu masuk. "Kita lihat, kalau ada kasus penipuan, bisa masuk pidana. Tapi setelah itu bisa berkembang apa ini per orang atau sistematis dalam hal pengaturan skor, kami akan mendalami," lanjut dia.

Baca Juga: Maman Abdurrahman Bantah Atur Skor Kekalahan Timnas di AFF 2010

"Tentu dalam sepak bola ada aturan internalnya ada bagian-bagian yang tak boleh diintervensi. Ini sudah waktunya polisi melihat fakta dan menjadikan sepak bola Indonesia yang sehat," papar mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Bahkan, Jenderal Tito siap melakukan cara-cara yang keras. "Kalau lembut tak bisa maka harus dipukul dalam artian untuk memperbaikinya. Ini harus dilakukan dengan menerapkan apakah 378, 379 untuk masuk menerapkan UUD yang ada, tapi tak diterapkan," tandas Jenderal Tito.
Loading...

Post a Comment Disqus

 
Top